Minggu, 13 Januari 2008

Berburu MP3 via mIRC

LANGKAH 1

Pertama-tama klik dua kali icon mIRC yang ada di Desktop Anda. Jika Anda belum mempunyai program mIRC, Anda bisa men-download-nya secara gratis di situs www.mirc.com secara gratis.


LANGKAH 2

Sebuah dialogue box "mIRC Option" muncul. Anda perlu mengisikan semua data yang dibutuhkan seperti nama lengkap (Full Name), alamat e-mail (E-mail Address), nama panggilan (Nickname) dan Alternative (Nickname alternatif). Semua orang yang menggunakan mIRC lebih dikenal dengan nama nick-nya. Jadi, Anda dapat menuliskan nama panggilan sesuai dengan keinginan Anda. Setelah semua data terisi, Anda harus memilih ke server mana Anda akan bergabung. Pada kesempatan ini, karena kita akan bergabung dengan server DALnet, cobalah memilih "Random US DALnet server". Klik daftar server yang ada di atas tombol [Connect to IRC Server!], kemudian cari dan klik "Random US DALnet server". Selanjutnya klik tombol [Connect to IRC Server!].


LANGKAH 3

Setelah Anda tersambung dengan server, layar Windows akan menginformasikan kepada Anda, bahwa Anda telah masuk dan tersambung dengan server tersebut


LANGKAH 4

Sebuah dialogue box "mIRC Channels Folder" akan muncul, yang berisi daftar channel atau ruangan. Anda dapat memilih channel/ruang chatting mana yang ingin Anda masuki. Jika dalam daftar tersebut Anda tidak menemukan nama channel yang dimaksud, Anda dapat menuliskan nama channel tersebut pada textbox di bawah "Enter name of channel to join", lalu klik tombol [Join]. Pada kesempatan ini kita akan mencoba untuk masuk ke channel #indomp3, tempat netter dari Indonesia berkumpul dan bertukar file MP3. Anda tinggal mengetik kata "indomp3" pada textbox yang ada, kemudian klik [Join].


LANGKAH 5

Dengan mIRC, Anda sebenarnya dapat bergabung dengan lebih dari satu channel atau ruangan chatting. Caranya dengan menekan toolbar simbol "Channels Folder", letaknya di nomor tiga dari kiri atas. Setelah itu, Anda dapat mengulangi langkah nomor dua, tentunya dengan memasukkan nama channel lain. Beberapa channel yang banyak ditongkrongin chatter dari Indonesia antara lain: #bawel (channel terbesar di server DALnet), #jakarta, #yogya, #bandung, dan beberapa nama kota lainnya. Sedangkan channel lain yang menjadi ajang tukar menukar file MP3 adalah channel #mp3


LANGKAH 6

Untuk mulai perburuan MP3, Anda harus mengecek lebih dulu setingan program mIRC Anda, apakah mIRC Anda diset untuk dapat menerima kiriman file dari chatter lain. Caranya, Anda klik [menu] lalu [Option], kemudian akan muncul dialogue box mIRC Option. Dari menu yang ada di sebelah kiri, klik menu DCC. Pastikan bahwa pilihan "On Send Request" dipilih "Show get dialog".


LANGKAH 7

Kemudian dobel klik menu Sounds, kemudian klik menu Requests, setelah itu uncheck (hilangkan tanda centang) menu "Send'!nick file' as private message". Lalu, klik tombol [OK].


LANGKAH 8

Untuk mencari file MP3 yang Anda inginkan, Anda dapat melakukan pencarian dengan mengetikkan "@find (nama artis/judul lagu yang diinginkan)" atau "@locator (nama artis/judul lagu yang diinginkan)" di channel. Misal saja Anda mencari lagu dari artis Sting, maka Anda cukup menuliskan "@find Sting" atau "@locator Sting" di channel.


LANGKAH 9

Jika file tersebut tersedia, maka yang empunya file - lebih tepatnya program script yang dimiliki si empunya file - akan secara otomatis menghubungi Anda dalam window baru, dengan daftar sesuai dengan banyaknya file yang tersaring seperti yang terlihat pada gambar.


LANGKAH 10

Untuk "memesan" dan men-download file MP3 tersebut, Anda hanya perlu meng-copy kode yang ada di window tersebut, dan men-paste-nya ke dalam channel. Maka, Anda akan masuk daftar tunggu download, dan jika slot yang disediakan sebagai "jalur" download dari server/komputer asal file tersebut kosong, maka server tersebut akan segera mengirimkan file pesanan Anda kepada Anda.


LANGKAH 11

Sebuah dialogue box akan muncul begitu Anda menerima kiriman file, yang memperingatkan kepada Anda bahwa file tersebut mungkin berbahaya buat komputer Anda. Namun, klik saja tombol [OK]. Setelah itu, sebuah dialogue box baru muncul. Pastikan bahwa file yang dikirimkan adalah file yang telah Anda pesan, lalu klik tombol [Accept]. Di sini akan muncul sebuah boks download seperti yang terlihat pada gambar. Setelah proses download selesai, klik tombol [OK]. File hasil download tersebut akan disimpan dalam folder "c:\mirc\sounds\".

Tidak ada komentar: